Monday, March 21, 2011

Mandiri Tambah Penyaluran Kredit Usaha Rakyat

JAKARTA : Bank Mandiri siap meningkatkan penyaluran kredit usaha rakyat tahun ini menjadi Rp2,5 triliun naik dari tahun lalu Rp2,02 triliun yang akan disalurkan mayoritas melalui pola linkage dengan menggandeng perusahaan yang memiliki usaha mikro kecil binaan.

SVP Business Banking Bank Mandiri Agus Fuad mengatakan penyaluran kredit usaha rakyat siap untuk ditingkatkan menjadi sekitar Rp2,5 triliun sebagai bagian dari rencana untuk penguatan di sektor pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah yang akan digenjot pada tahun ini.

Pembiayaan yang dijamin pemerintah itu sangat prospektif untuk terus dikembangkan yang didukung dengan porsi kredit bermasalah terkendali di bawah 1% sehingga potensinya masih sangat besar.

“Kami lebih banyak menyalurkan kredit usaha rakyat dengan pola linkage yaitu dengan menggandeng seperti bank perkreditan rakyat dan perusahaan yang memiliki binaan usaha mikro di daerah sehingga penyalurannya relatif lebih terkendali dan mudah diawasi,” ujarnya kepada Bisnis hari ini.

Agus memaparkan selain tingkat keamanan, penyaluran melalui linkage itu juga bisa membantu memperluas distribusi penyaluran kredit hingga ke daerah meskipun tidak terdapat jaringan kantor Bank Mandiri.

Untuk itu, katanya, penyaluran kredit usaha mikro itu akan dioptimalkan dengan pola linkage serta inti plasma untuk sektor pertanian dan perkebunan agar distribusinya lebih tepat sasaran serta risiko gagal bayar relatif bisa dikendalikan.

Pada tahun lalu, penyaluran kredit usaha rakyat Bank Mandiri sebesar Rp2,02 triliun melampaui dari target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp1,84 Triliun. Sedangkan total penyaluran sejak 2007 mencapai Rp3,61 triliun yang diterima sekitar 74.000 pelaku usaha mikro dan kecil.

Distribusi pembiayaan itu mayoritas terserap ke sektor pertanian dan peternakan dengan porsi kredit mencapai 50,34% atau mencapai lebih dari 49.000 pelaku usaha, lalu ke sektor perdagangan sekitar 22.000 pelaku usaha (38,96%).

Bank Mandiri juga menyalurkan kredit usaha rakyat untuk usaha mikro yang dilayani melalui 1.200 jaringan kantor serta untuk KUR ritel dilayani melalui 177 jaringan kantor. Di samping itu, disediakan juga skema KUR bagi tenaga kerja Indonesia. (ra)

sumber : http://www.bisnis.com/ekonomi/mikro-ukm/15552-mandiri-siap-naikkan-kredit-usaha-rakyat-jadi-rp25-triliun

No comments: